Senin, 14 Juni 2010

Doa di Pura Kahyangan Tiga

Pura Kahyangan Tiga merupakan pura yang ada disetiap desa pakraman di Bali. Merupakan linggih atau stana dari Sang Hyang Tiga Sakti itu sendiri. Dalem, Puseh dan Bale Agung.

1. Untuk du Pura Desa dan Puseh
Om isanah sarva vidyaanaam
Isvarah sarva bhuutanaam
Brahmano dhipatir brahmaa
Sivo astu sadaasivaya

“Oh keseluruhan yang lengkap, sebagai dewata penguasa mahluk yang bijaksana, sebagai Brahma, raja para brahmana. Oh keseluruhan yang lengkap, Sang Hyang Siwa, pemberi keselamatan hamba memuja-MU.”
Pura Desa yang juga disebut sebagai Bale Agung, stana Hyang Brahma, sebagai pencipta sekaligus sebagai guru niskala. Yang dipuja sebagai pembimbing rohani menuju kecemerlangan. Menurut kitab-kitab Purana, Weda itu disabdakan langsung oleh Brahma, dan dalam penggambarannya beliau menggenggam keropak yang sesungguhnya merupakan pustaka Weda. Jadi dalam konteks ini, Brahma dipuja sebagai guru dan pembimbing rohari, sekaligus sebagai sinar suci Tuhan dalam aspeknya sebagai pencipta.


2. Untuk di Pura Puseh
Om giripati mahaaviryanam
Mahaadeva pratistha lingam
Sarvadeva praanamyanam
Sarva jagat pratisthanam

“Oh keseluruhan yang lengkap dan sempurna, yang merupakan rajanya gunung suci, selalu menang dan jaya. Yang merupakan Mahadewa, dipuja oleh seluruh golongan dewa, yang merupakan pondasi dari seluruh jagat. Oh dewata hamba memuja-MU.”

3. Untuk du Pura Dalem
Om catur devi mahaadewi
Catur aasrama bhatari
Siva jagat pati devi
Durgaa ma sarira dewi

“Oh keseluruhan yang lengkap dan sempurna, berwujud agung catur dewi, yang disembah oleh empat jenjang kehidupan, yang merupakan saktinya Siwa, dewata penguas jagat. Oh yang sempurna disebut sebagai ibu Durga, hamba memuja dan bersujud kepada-MU.”
Dalem merupakan stana atau linggih dari Ida Hyang Siwa beserta Sakti beliau yakni Durga Dewi. Sebagai penguasa jagat (jagatpati dewi) Dewi penguasa sakti alam semesta. Dipuja dan diagungkan sebagai penguasa kekuatan yang melebur segala keburukan.

4. Untuk di Pura Prajapati
Om brahma prajapatih srethah
Svayambhuur varado guruh
Padmayonis catur vaktro
Brahmaa sakalam ucyate

“Oh keseluruhan yang lengkap dan sempurna, sebagai prajapatih, yang mengadakan dirinya sendiri, guru yang muncul dari bunga teratai, memiliki empat muka dalam satu badan, maha sempurna, oh Brahma.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar